Naskah Incung dari Sungai Tutung Ini Berisi Kisah Nabi Adam
Ruas Pertama Naskah Incung Ini Asan Pulung (TK 125/EAP117/44/1/6) Sumber: British Library |
Nabi Adam merupakan sosok nabi dan manusia pertama dalam kepercayaan agama Samawi seperti Yahudi, Nasrani, dan Islam. Kisahnya banyak diceritakan di dalam kitab suci baik di dalam al-Kitab maupun di dalam al-Qur'an. Di dalam kitab suci tersebut Adam diceritakan diciptakan dari tanah kemudian ditiupkan ruh sehingga menjadi manusia. Kisah Adam berlanjut dengan hadirnya sosok Hawa sebagai istri Adam, hingga diturunkan ke dunia dari surga akibat melanggar larangan Tuhan.
Kisah Adam juga dimuat di dalam kitab-kitab ulama klasik, misalnya di dalam kitab Qishas al-Anbiya karangan Ibnu Katsir dan kitab Tarikh al-Rusul wa al-Muluk karangan at-Thabari. Di Nusantara turunan kisah Adam ditulis dalam naskah-naskah lokal misalnya di dalam Naskah Samud Ibnu Salam dan Naskah Ambiya Pegon. Umumnya, naskah berisi kisah Adam ditulis menggunakan turunan aksara Arab seperti aksara Pegon dan Arab-Melayu (Jawi).
Hal menarik dijumpai di Sumatera, yakni kisah Adam justru ditulis dalam naskah lokal beraksara Ulu yakni aksara turunan Sumatera Kuno. Beberapa naskah lokal asal Sumatera yang membahas kisah Adam ditemukan di Bengkulu seperti dalam naskah Ulu Asal Mulo Jibarain Nempo Adam yang dibahas Abas Musofa.
Tidak hanya di Bengkulu, naskah lokal yang berisi kisah Nabi Adam ditemukan pula di Kerinci. Naskah tersebut ditulis menggunakan Surat Incung--aksara lokal Kerinci--kerabat dekat aksara Ulu di Bengkulu. Naskah tersebut dibahas secara apik oleh Sunliensyar di dalam artikelnya yang berjudul Kisah Nabi Adam di dalam Naskah Incung Ini Asan Pulung dari Kerinci.
Baca Selengkapnya: Kisah Nabi Adam di dalam Naskah Incung Ini Asan Pulung dari Kerinci
Naskah Incung Ini Asan Pulung (IAP) merupakan naskah yang ditulis pada media lima ruas bambu dengan panjang lebih kurang 175 cm. Menurut Sunliensyar, naskah ini mungkin naskah Incung pada bambu terpanjang yang telah ditemukan. Naskah Incung IAP pertama kali ditemukan oleh Petrus Voorhoeve pada tahun 1941. Ia memberi kode naskah tersebut dengan nomor TK 125. Voorhoeve hanya mengerjakan alihaksara tersebut dengan metode diplomatis sehingga hasilnya kurang maksimal. Oleh sebab itu, isi naskah masih belum terungkap secara sempurna.
Baca juga: Mengenang Petrus Voorhoeve, Penemu Awal Kitab Undang-Undang Tanjung Tanah dan Penyusun Tambo Kerintji
Ini asan pulung, sabalun gumi langit ini,/ sabalun bulan
bintang ini jadi, sabalun lahin dan batin/ ini jadi. Muka
ada Rasuluh Alah dititah akan Alah Hutala itu manjadi/ akan Gumi Ampat
Mandarap, muka ada Jibarain ini mandatang akan/ sambah kapada
Sabaanar Alah, muka Alah batitah akan Rasulur Alah muka di-/ urut awaknya muka
ada tanah kapada Rasulur Alah muka/ dibarikan kapada Jibarain muka diparatiga
ulih Ji-/ barain. Muka kata Rasulur Alah tanah di tangan itu Jiba-/ rain ambur ka
bawah muka manjadi bumi sapa(ra)ti icay kapas/ Bahu(a)ka(n)
sabuwah diambur ka datas manjadi langit. Kata Ra-/sulur Allah, lagi
sabuwah itu parabuwat Bumi Ampat Manda(ra)p/[A]jibarain tiyada
tahu barabuwat {Gu}mi Ampa{t} Mandarap muka diliyat Rasulur Alah itu manitik
akan ayir/ matanya, muka diambik tanah itu ulih Jibarain muka dibuwat/ Gumi Ampat
Mandarap menjadi sapa(ra)ti bayang bayang. Bahuakan muka ba-/ titah Jibarain,
hir Rasulur Alah apa akan nyawa Adam i-// ni anyah tanay
akan jari kanan itu, tapuk kamubun Adam itu. Muka kata/ Jibarain itu,
amba sakali ini maliyat nyawa Alah mu-/ ka diri tiyada tahu kay sungguh jari
diri. Muka (di)patapuk akan/ kamubun Adam itu, talakar muka baranyawa
anya. Sudah alah iluk/ muka kuwap manyarak mulutnya dibaik muka
mangucap Satapirlah./ Sudah kuwap muka sampay baik, muka baasin
tapanti kapala baik mangucap/ Lahamndu muka sampay baik.
Muka bajalan Gumi Hampat Mandarap itu
saa-/ ntan, muka manyurung gumi langit kita ini manjadi alam basar
ini./ Taradiri matahari, bulan dan bintang, umput dan sabuwang dan
sandaguri/ sada itu alah dulu jadi. Muka jadi pula Kayu Pulay itu sabap
hanya ma-/ njadi aluh Kayu Tuwa itu. Muka batitah Rasulur Alah sasat
Adam/ itu, ambuh hanya babini. Muka disasat ulih Jibarain ambuh
a-/(ngka)w babini Gumi Hampat Mandarap ini kini, ambuh kata
anya. Muka mana sasat/ Rasulur Alah, ini Adam kita satunda
baduwa, ini jangan kita makan./ Tidak iya Alah iya tuwan aku Rasuluh
Alah, aku andak makan juga. Takala a/kaw andak makan, jangan kita satunda apa pamakan
makan tan aku ini tuwan a//nyah makan akaw. Takala [a] babuwat makan
makan itu imbaw juga aku kata anya. Muka hanya la-/ lu mangirat ka
Makah, muka diturut ulih Jibarain basuwa sapaduwan jalan. Muka/ manyagih mangacap
Rasulu Alah tacanta kapada Adam muka bapasan kapada Jibarain kata a-/ kan kapada Adam
diri akan mijan iyang duwa di badan Adam itu. Muka diri-/ kan mijan iyang
duwa ulih Jibarain di badan Adam itu. Itu asan kita ba-/ rasusu. Muka
baasin Adam itu tababut tulang usuk anya sabalah manjadi/ parampun muka
manjadi laki bini muka baanak urang ampat Sauka, Nabiuka, Saina, Na-/biina .......
Komentar